gdfhdfh Distributor Karung Goni: Kerajinan Unik dari Bahan Karung Goni

Wednesday, December 4, 2013

Kerajinan Unik dari Bahan Karung Goni


Bahan Karung Goni

Tiga warga Jalan Bukit Jarian Ciumbuleuit mengembangkan kerajinan yang berbahan dasar karung goni. Mereka adalah Hadi Rahmat, Koko dan Yudha.

Tidak disangka-sangka, Bahan 
Karung Goni biasa digunakan sebagai pembungkus beras atau kopi ini mampu disulap jadi kerajinan yang sarat akan nilai seni. Lembar demi lembar benangnya dijalin membentuk kreasi-kreasi tertentu sehingga menghasilkan karya yang unik.

Di bawah binaan Murti Tunggal Art of Living, tahun 2008 Koko mencetuskan sebuah ide untuk menciptakan galeri yang dinamakan Goni Craft yang menggunakan rumah dari Hadi Rahmat. Tapi akses untuk sampai ke galeri ini ternyata tidak mudah, karena berada di pemukiman penduduk kawasan Jalan Bukit Jarian 4 No 61/165 D.

Dalam menciptakan kreasinya, mereka lebih memilih tema-tema sosial yang bertujuan untuk memperlihatkan sebuah realitas yang sudah langka ditemui di kehidupan masyarakat modern. Dengan modal bahan karung goni, kawat, lem, dan tentu saja sentuhan seni, mereka membuat miniatur mobil mercy, motor Harley Davidson, sepeda, boneka, kap lampu atau patung yang juga berfungsi sebagai tempat ballpoint, dan lain-lain.

Rahmat berharap, kerajinan ini bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak digunakan selain dengan Bahan Karung Goni. Selain ramah lingkungan, bisa dinikmati sebagai seni yang sekaligus memiliki fungsi.

Harga satu objek pun berbeda-beda, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan. Berkisar antara Rp 50 ribu sampai harga jutaan rupiah.

Sumber


No comments:

Post a Comment